Minggu, 11 Oktober 2015

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

PENDAHULUAN

Guru dalam aktivitas pembelajaran di sekolah memiliki peranan yang sangat penting. kegiatan guru masih belum dapat digantikan oleh mesin atau peralatan apapun, karena ada unsur manusiawi seperti: sikap, sistem nilai, perasaan, motivasi dan kebiasaan yang dilakukan oleh seorang guru bukan oleh mesin atau alat yang diciptakan manusia untuk mempermudah kehidupannya. Kedudukan guru sebagai pengajar memerlukan suatu kemampuan profesional yang mampu mendukung terhadap pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran, sehingga mampu menciptakan perubahan-perubahan tingkah laku, baik di sekolah maupun di masyarakat. Profesionalisme mengajar guru dapat dibentuk melalui program-program peningkatan profesional. Peningkatkan tersebut diharapkan mampu menunjang guru dalam menjalankan tugas dan peranannya sebagai pengajar yang profesional. Peningkatan tersebut merupakan suatu arahan tingkah laku untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi, sebagaimana dikemukakan Kemendikbud (2014:4) bahwa peningkatan profesional merupakan alternatif yang dipilin untuk meningkatkan kualitas yang meliputi: kemampuan, pengetahuan, wawasan, keterampilan, kreativitas, pengabdian serta disiplin guru.
berkenaan dengan peningkatan profesionalisme mengajar guru sekolah dasar yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 menyatakan dengan lugas bahwa kepala sekolah .......................... selanjutnya KLIK DI SINI

PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan zaman menuju era globalisasi dan kompleksitas pada masa sekarang ini membawa masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam semua aspek kehidupan. Pangkal dari perubahan zaman tersebut adalah terjadinya perkembangan teknologi secara revolusioner yang membawa serta perubahan dalam berbagai aspek kehidupan: sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Teknologi yang berkembang sekarang ini menyangkut dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek nilai yang termasuk di dalamnya adalah nilai pendidikan. Perubahan bukan hanya terjadi pada tataran praktik kehidupan sehari-hari, melainkan pada tingkat yang lebih mendasar, yaitu nilai dan norma sebagai operasionalisasi dari nilai.
Kiranya ada akibat dari perubahan yang cepat tersebut terhadap dunia pendidikan baik secara kelembagaan maupun pelaksana pendidikan salah satunya yaitu ................. selanjutnya KLIK DI SINI