Jumat, 27 Januari 2012

Kegiatan Pembinaan Kepemudaan


KEGIATAN PEMBINAAN KEPEMUDAAN
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sesuai dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional dan PP No. 19 tahun 2005 serta UU Guru dan Dosen bahwa guru sebagai sebuah profesi harus memenuhi beberapa kompetensi salah satu elemen kompetensi yang harus melekat pada gruru tercakup dalam rumpun kompetensi sosial yaitu kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat. Dengan demikian, agar guru SD lulusan S1 PGSD memiliki kemampuan yang diamanatkan dalam UU dan PP tersebut, maka diperlukan wacana bagi guru yang sedang mengikuti pendidikan S1 PGSD untuk melatih ketrampilan mareka dalam kehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masyarakat di lingkungannya.
Pada mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan praktek program pendidikan masyarakat yang merupakan pendidikan pada jalur non formal yang meliputi pembimbingan para Warga Belajar (WB) yang menyandang buta aksara, mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan pembinaan kegiatan kepemudaan yang tergabung dalam organisasi kepemudaan yang ada. Dari tiga subtansi praktek tersebut, kami memilih
Kegiatan Pembinaan Kepemudaan sebagai praktik kami.
Program pembinaan kepemudaan harus lebih ditingkatkan untuk menumbuh kembangkan motivasi dan kreativitas pemuda karena pemuda merupakan generasi penerus dan berpotensi besar dalam pembangunan daerah karena usia mereka yang masih produktif.
Metode pendekatan kepemudaan ini dikembangkan karena karakter belajar orang dewasa lebih bersifat praktis dan fungsional serta sesuai dengan potensi dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu program pembinaan kepemudaan tidak semata-mata memberi pengetahuan tetapi juga memberikan ketrampilan-ketrampilan yang bermanfaat bagi kehidupan para pemuda sehari-hari. Ketrampilan yang akan kami berikan adalah pelatihan operator komputer.
Alasan kami memberikan ketrampilan pelatihan operator komputer kepada para pemuda binaan adalah pada saat ini banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan orang bisa mengoperasikan komputer dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kehidupan sehari-haripun manusia tak bisa luput dari teknologi. Baik itu hasil pemikiran lama maupun modern. Namun, karena faktor-faktor sekitar, para pemuda  jadi  sering menyalahgunakan teknologi tersebut, salah satunya adalah teknologi komputer.
Untuk mengatasi terjadinya hal-hal yang bisa menurunkan kualitas Sumber Daya Manusia, dibutuhkan kesadaran masyarakat luas tentang arti penting dan fungsi komputer bisa luput dari teknologi.
B.     Identifikasi Kebutuhan Kegiatan Kepemudaan.
Tabel 1
Identitas Kebutuhan Kegiatan Kepemudaan
No
Nama
Pemuda
Identitas
Minat kegiatan kepemudan
Cita-cita
Jenis
kelamin
Usia
Pendidikan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7

P
L
P
P
L
L
L
20
19
19
20
18
18
17
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Guru
Wiraswasta
Polwan
Guru
Guru
ABRI
Pegawai
C.    Tujuan
            1.      Tujuan umum
a.       Menumbuh kembangan kreatifitas pemuda binaan/ Warga Belajar  dalam menambah pengetahuan dan wawasan tehnologi komputer.
b.      Meningkatkan kemampuan para pemuda binaan/ Warga Belajar untuk mencari peluang serta mengisi peran-peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
c.       Meningkatkan keterampilan para pemuda binaan/ Warga Belajar dalam menghadapi tantangan zaman yang berupa keterampilan mengoperasikan  komputer.
d.      Meningkatkan kemampuan dan keberanian para pemuda binaan/ Warga Belajar  untuk bergaul (bermasya-rakat), meningkatkan pola fikir yang positif dan produktif.
e.       Agar memiliki bekal untuk melaksanakan peran aktif dalam perkembangan bangsa
f.       Agar memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan dan ketrampilan-ketrampilan fungsional yang bemakna dan berguna bagi kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
            2.      Tujuan Khusus
a.       Agar pemuda binaan mengenal tehnologi yang salah satunya adalah komputer.
b.      Agar pemuda pemuda binaan mempunyai ketrampilan mengoperasikan komputer yang nantinya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan.
c.       Agar para pemuda binaan tidak buta teknologi.
d.      Agar pemuda binaan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang dimilikinya.
e.       Agar pemuda binaan bisa menggunakan teknologi/ komputer dengan baik dan benar/ sesuai dengan kebutuhannya.
f.       Agar pamuda binaan dapat mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. 

BAB II
PELAKSANAAN
A.    Rencana Kegiatan Belajar
Tabel 2
Rencana Kegiatan Pembelajaran
Minggu I
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 1
Pertemuan 2
Membuat kesepakatan belajar
Membuat rencana kegiatan dan identifikasi kebutuhan kegiatan
1 kali @ 2 jam
1 kali @ 2 jam
Minggu II
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 3



Pertemuan 4
1.ITC
2. Memulai Ms. Word
3. Menggerakkan Kursor & Blok
4. Surat Lamaran
1. Pengeditan Naskah
 2. Halaman Judul
3. Surat Undangan
4 .Pengaturan Dokumen I
1 kali @ 2 jam




Minggu III
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 5



Pertemuan 6

  1. Surat Kuasa
  2. Pengaturan dokumen II
  1. Surat Penawaran Kerja sama
  2. Tabel
  1. Surat Perkenalan
  2. Tabel II/  Word Art
  3. Brosur
  4. Drawing, Gambar/ Text Box
1 kali @ 2 jam

1 kali @ 2 jam
Minggu IV
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 7



Pertemuan 8
  1. Info Manajemen
  2. Srtuktur Organisasi
  3. Curiculum Vitae
  4. Mencetak Dokumen
Penilaian hasil akhir / tes Kompetensi
1 kali @ 2 jam
1 kali @  2 jam
 
B.     Sumber Dana
Kegiatan Pembinaan Kepemudaan ini membutuhkan sumber dana yang tidak sedikit, dan  sumber dananya berasal dari mahasiswa sendiri (Swadana).
C.    Tempat Kegiatan
Sesuai dengan kesepakatan bersama tempat pertemuan dilaksanakan di rumah tutor yaitu ................di ............................................................. 
D   Waktu Kegiatan
Kegiatan diadakan  selama empat minggu, dan setiap  minggu dua kali pertemuan yaitu  hari Senin dan hari Jum’at.
E.     Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan keberhasilan program. Evaluasi atau penilaian yang kami lakukan ada dua yaitu:
              i.      Evaluasi atau Penilaian Proses
Penilaian proses ini merupakan bentuk penilaian yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada kegiatan ini yang termasuk penilaian proses adalah kehadiran pada saat pertemuan, keaktifan untuk merespon penjelasan atau petunjuk dari tutor, dan keaktifan untuk melakukan praktik.

            ii.      Evaluasi atau Penilaian Hasil
Penilaian hasil dilakukan saat akhir pembelajaran, yang dinilai hasil akhir saja. Pada kegiatan ini yang dinilai adalah lembar hasil kerja atau prin out. (hasilnya sesuai dengan format yang telah ditetapkan atau tidak).

BAB III
PENUTUP
Penulisan proposal PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER telah kami buat Demi kemajuan dan pengembangan kegiatan, maka kami memberanikan diri dalam mengajukan proposal. Agar dapat memenuhi tujuan awal , harapan kami mohon  pastisipasi dan motivasinya dalam menunjang suksesnya kegiatan ini. Semoga Yang Maha Kuasa senantiasa mempermudah usaha  untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini. Amiin. Dan semoga proposal ini menjadikan suatu pedoman bagi kami.
Atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar