KEGIATAN
PEMBINAAN KEPEMUDAAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Sesuai
dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional dan PP
No. 19 tahun 2005 serta UU Guru dan Dosen bahwa guru sebagai sebuah profesi
harus memenuhi beberapa kompetensi salah satu elemen kompetensi yang harus
melekat pada gruru tercakup dalam rumpun kompetensi sosial yaitu kemampuan guru
sebagai bagian dari masyarakat. Dengan demikian, agar guru SD lulusan S1 PGSD
memiliki kemampuan yang diamanatkan dalam UU dan PP tersebut, maka diperlukan
wacana bagi guru yang sedang mengikuti pendidikan S1 PGSD untuk melatih
ketrampilan mareka dalam kehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam
masyarakat di lingkungannya.
Pada
mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan mewajibkan mahasiswa untuk
melaksanakan praktek program pendidikan masyarakat yang merupakan pendidikan
pada jalur non formal yang meliputi pembimbingan para Warga Belajar (WB) yang
menyandang buta aksara, mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan
pembinaan kegiatan kepemudaan yang tergabung dalam organisasi kepemudaan yang
ada. Dari tiga subtansi praktek tersebut, kami memilih
Kegiatan Pembinaan Kepemudaan sebagai praktik kami.
Kegiatan Pembinaan Kepemudaan sebagai praktik kami.
Program
pembinaan kepemudaan harus lebih ditingkatkan untuk menumbuh kembangkan
motivasi dan kreativitas pemuda karena pemuda merupakan generasi penerus dan
berpotensi besar dalam pembangunan daerah karena usia mereka yang masih
produktif.
Metode pendekatan kepemudaan ini
dikembangkan karena karakter belajar orang dewasa lebih bersifat praktis dan
fungsional serta sesuai dengan potensi dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu
program pembinaan kepemudaan tidak semata-mata memberi pengetahuan tetapi juga
memberikan ketrampilan-ketrampilan yang bermanfaat bagi kehidupan para pemuda
sehari-hari. Ketrampilan yang akan kami berikan adalah pelatihan operator
komputer.
Alasan
kami memberikan ketrampilan pelatihan operator komputer kepada para pemuda
binaan adalah pada saat ini banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan orang
bisa mengoperasikan komputer dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kehidupan
sehari-haripun manusia tak bisa luput dari teknologi. Baik itu hasil pemikiran
lama maupun modern. Namun, karena faktor-faktor sekitar, para pemuda
jadi sering menyalahgunakan teknologi tersebut, salah satunya adalah
teknologi komputer.
Untuk
mengatasi terjadinya hal-hal yang bisa menurunkan kualitas Sumber Daya Manusia,
dibutuhkan kesadaran masyarakat luas tentang arti penting dan fungsi komputer
bisa luput dari teknologi.
B. Identifikasi Kebutuhan Kegiatan Kepemudaan.
Tabel 1
Identitas
Kebutuhan Kegiatan Kepemudaan
No
|
Nama
Pemuda
|
Identitas
|
Minat
kegiatan kepemudan
|
Cita-cita
|
||
Jenis
kelamin
|
Usia
|
Pendidikan
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
|
P
L
P
P
L
L
L
|
20
19
19
20
18
18
17
|
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
|
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
Komputer
|
Guru
Wiraswasta
Polwan
Guru
Guru
ABRI
Pegawai
|
C. Tujuan
1.
Tujuan umum
a.
Menumbuh kembangan kreatifitas
pemuda binaan/ Warga Belajar dalam menambah pengetahuan dan wawasan
tehnologi komputer.
b. Meningkatkan kemampuan para pemuda binaan/ Warga Belajar
untuk mencari peluang serta mengisi peran-peran sosial dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
c.
Meningkatkan keterampilan para
pemuda binaan/ Warga Belajar dalam menghadapi tantangan zaman yang berupa
keterampilan mengoperasikan komputer.
d. Meningkatkan kemampuan dan keberanian para pemuda binaan/
Warga Belajar untuk bergaul (bermasya-rakat), meningkatkan pola fikir
yang positif dan produktif.
e.
Agar memiliki bekal untuk melaksanakan
peran aktif dalam perkembangan bangsa
f.
Agar memiliki pengetahuan tentang
kewirausahaan dan ketrampilan-ketrampilan fungsional yang bemakna dan berguna
bagi kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
2.
Tujuan Khusus
a.
Agar pemuda binaan mengenal
tehnologi yang salah satunya adalah komputer.
b. Agar pemuda pemuda binaan mempunyai ketrampilan
mengoperasikan komputer yang nantinya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan.
c.
Agar para pemuda binaan tidak buta
teknologi.
d. Agar pemuda binaan dapat meningkatkan sumber daya manusia
yang dimilikinya.
e.
Agar pemuda binaan bisa menggunakan
teknologi/ komputer dengan baik dan benar/ sesuai dengan kebutuhannya.
f.
Agar pamuda binaan dapat
mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.
BAB II
PELAKSANAAN
A. Rencana
Kegiatan Belajar
Tabel 2
Rencana
Kegiatan Pembelajaran
Minggu I
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan 1
Pertemuan 2
|
Membuat kesepakatan belajar
Membuat rencana kegiatan dan
identifikasi kebutuhan kegiatan
|
1 kali @ 2 jam
1 kali @ 2 jam
|
Minggu II
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan 3
Pertemuan 4
|
1.ITC
2. Memulai Ms. Word
3. Menggerakkan Kursor & Blok
4. Surat Lamaran
1. Pengeditan Naskah
2. Halaman Judul
3. Surat Undangan
4 .Pengaturan Dokumen I
|
1 kali @ 2 jam
|
Minggu III
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan 5
Pertemuan 6
|
|
1 kali @ 2 jam
1 kali @ 2 jam
|
Minggu IV
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan 7
Pertemuan 8
|
Penilaian hasil akhir / tes
Kompetensi
|
1 kali @ 2 jam
1 kali @ 2 jam
|
B. Sumber Dana
Kegiatan Pembinaan Kepemudaan ini
membutuhkan sumber dana yang tidak sedikit, dan sumber dananya berasal
dari mahasiswa sendiri (Swadana).
C. Tempat
Kegiatan
Sesuai dengan kesepakatan bersama
tempat pertemuan dilaksanakan di rumah tutor yaitu ................di
.............................................................
D Waktu Kegiatan
D Waktu Kegiatan
Kegiatan diadakan selama empat
minggu, dan setiap minggu dua kali pertemuan yaitu hari Senin dan
hari Jum’at.
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui proses pelaksanaan dan keberhasilan program. Evaluasi atau
penilaian yang kami lakukan ada dua yaitu:
i.
Evaluasi atau Penilaian Proses
Penilaian proses ini merupakan
bentuk penilaian yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada
kegiatan ini yang termasuk penilaian proses adalah kehadiran pada saat
pertemuan, keaktifan untuk merespon penjelasan atau petunjuk dari tutor, dan
keaktifan untuk melakukan praktik.
ii.
Evaluasi atau Penilaian Hasil
Penilaian hasil dilakukan saat akhir
pembelajaran, yang dinilai hasil akhir saja. Pada kegiatan ini yang dinilai
adalah lembar hasil kerja atau prin out. (hasilnya sesuai dengan format yang
telah ditetapkan atau tidak).
BAB
III
PENUTUP
Penulisan
proposal PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER telah kami buat Demi kemajuan dan
pengembangan kegiatan, maka kami memberanikan diri dalam mengajukan proposal.
Agar dapat memenuhi tujuan awal , harapan kami mohon pastisipasi dan
motivasinya dalam menunjang suksesnya kegiatan ini. Semoga Yang Maha Kuasa
senantiasa mempermudah usaha untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini.
Amiin. Dan semoga proposal ini menjadikan suatu pedoman bagi kami.
Atas perhatian dan bantuannya kami
sampaikan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar