……………. 20…. Peningkatan
Pemahaman Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Tanya
Jawab Behavioristik di Kelas Kelas VI (Enam) SDN …………….. Kecamatan …………. Tahun Pelajaran …………...
Kata kunci : peningkatan pemahaman materi pembelajaran IPS,
metode tanya jawab behavioristik.
Salah satu
guna meningkatkan pemahaman materi pembelajaran siswa pada materi pembelajaran
yang bisa ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan mnetode tanya jawab
behavioristik. Hipotesis ini diuji dalam sebuah kegiatan penelitian yang
menggunakan kaidah prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan yang dilakukan
oleh peneliti ini dirangkaikan dalam sebuah kegiatan penelitian yang berjudul: “Penelitian
Tindakan Kelas: Peningkatan Pemahaman
Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Tanya Jawab
Behavioristik di Kelas VI (Enam) SDN ……….. Kecamatan ………… Tahun Pelajaran ……………”.
Rendahnya
motivasi belajar pada siswa menuntut untuk
segera disikapi dan dicarikan sebuah jalan keluar. Karena, jika situasi dan kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka tidak hanya siswa itu sendiri yang nantinya merugi karena tertinggal dalam proses kegiatan pembelajaran dan diikuti dengan penurunan hasil prestasi belajarnya.
segera disikapi dan dicarikan sebuah jalan keluar. Karena, jika situasi dan kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka tidak hanya siswa itu sendiri yang nantinya merugi karena tertinggal dalam proses kegiatan pembelajaran dan diikuti dengan penurunan hasil prestasi belajarnya.
Penelitian
tindakan kelas merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang
dilakukan di lingkungan sekolah. Penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom
Action Research adalah bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan
melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau
meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara profesional.
Metode tanya
jawab-behavioristik adalah sebuah metode atau strategi pembelajaran yang
mengoptimalkan penggunaan metode tanya jawab yang menitikberatkan aktivitas
guru bertanya jawab sebagai bagian yang utama dalam proses pembelajaran yang
memiliki fungsi utama evaluatif, kegiatan ini dilakukan guna mengoptimalkan
pemahaman dan penguasaan pada materi pembelajaran serta pretasi belajar siswa,
dengan berpijak pada kaidah-kaidah pembelajaran behavioristik.
Kegiatan
proses penelitian tindakan kelas (PTK) peningkatan pemahaman materi pembelajaran
Keadaan Alam dan Sosial Indonesia dan
Negara Tetangga pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui
penggunaan pendekatan tanya jawab-behavioristik pada siswa kelas VI (enam) SDN …………..
Kecamatan ………… tahun pelajaran ………… menurut hemat peneliti telah mengenai
sasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar