Selasa, 02 Oktober 2012

Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Tanya Jawab Behavioristik


……………. 20…. Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Tanya Jawab Behavioristik di Kelas Kelas VI (Enam)  SDN …………….. Kecamatan …………. Tahun Pelajaran …………...

Kata kunci : peningkatan pemahaman materi pembelajaran IPS, metode tanya jawab behavioristik.

Salah satu guna meningkatkan pemahaman materi pembelajaran siswa pada materi pembelajaran yang bisa ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan mnetode tanya jawab behavioristik. Hipotesis ini diuji dalam sebuah kegiatan penelitian yang menggunakan kaidah prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan yang dilakukan oleh peneliti ini dirangkaikan dalam sebuah kegiatan penelitian yang berjudul: “Penelitian Tindakan Kelas: Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Tanya Jawab Behavioristik di Kelas VI (Enam) SDN ……….. Kecamatan ………… Tahun Pelajaran ……………”.
Rendahnya motivasi belajar pada siswa menuntut untuk
segera disikapi dan dicarikan sebuah jalan keluar. Karena, jika situasi dan kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka tidak hanya siswa itu sendiri yang nantinya merugi karena tertinggal dalam proses kegiatan pembelajaran dan diikuti dengan penurunan hasil prestasi belajarnya.
Penelitian tindakan kelas merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di lingkungan sekolah. Penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research adalah bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara profesional.
Metode tanya jawab-behavioristik adalah sebuah metode atau strategi pembelajaran yang mengoptimalkan penggunaan metode tanya jawab yang menitikberatkan aktivitas guru bertanya jawab sebagai bagian yang utama dalam proses pembelajaran yang memiliki fungsi utama evaluatif, kegiatan ini dilakukan guna mengoptimalkan pemahaman dan penguasaan pada materi pembelajaran serta pretasi belajar siswa, dengan berpijak pada kaidah-kaidah pembelajaran behavioristik.
Kegiatan proses penelitian tindakan kelas (PTK) peningkatan pemahaman materi pembelajaran Keadaan Alam dan Sosial Indonesia dan Negara Tetangga pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penggunaan pendekatan tanya jawab-behavioristik pada siswa kelas VI (enam) SDN ………….. Kecamatan ………… tahun pelajaran ………… menurut hemat peneliti telah mengenai sasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar